Mobil Listrik Karya ITB

REKTOR ITB Prof. Akhmaloka sedang menjajal mobil listrik buatan ITB
Untuk pertama kalinya mobil listrik buatan Institut Teknologi Bandung diujicobakan. Mobil jenis city car berwarna putih ini diujicoba oleh Rektor ITB Prof. Akhamaloka di Kampus ITB, Jln. Ganesa Bandung, Rabu (8/8/12).

Mobil bertenaga listrik yang hampir semua bahan serta desainnya diciptakan oleh dosen dan mahasiswa ITB ini baru saja selesai sesaat sebelum ikut serta dalam karnaval iptek yang digelar dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-17. Sebelum ikut dalam barisan kendaraan karnaval, rektor beserta jajarannya menjajal mobil listrik ini mengitari kampus ITB.

"Mantap. Sudah bagus, tinggal disempurnakan. Yang membanggakan ini adalah yang pertama. Desain pertama di Indonesia. Kita sendiri yang bikin desain dan semuanya kecuali batere yang masih harus impor dari Cina," kata Akhmaloka sesaat setelah mencoba mobil listrik yang belum memiliki nama tersebut.

Secara umum, kata dia, mobil listrik ITB ini sudah sangat baik. Tinggal disempurnakan terutama dari segi asesorisnya seperti kaca, pintu, AC, serta gas yang masih belum sempurna betul. "Ya AC belum jalan sehingga belum nyaman. Beberapa kaca dan pintu masih seret, gas kadang masih berat. Tinggal disempurnakan, diharapkan tanggal 30 Agustus nanti saat diresmikan oleh Pak Presiden bisa sempurna," ujarnya.

Mobil listrik buatan ITB ini, kata Akhmaloka bisa dibuat menjadi mobil dengan empat penumpang, enam penumpang, atau menjadi mobil pick up dan juga mobil golf. Sebab satu mobil dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dibongkar pasang.

Pembuatan mobil listrik ITB ini, kata Akhmaloka melibatkan tiga fakultas yang ada di ITB dengan waktu kurang lebih dua bulan. Fakultas seni rupa dan desain, elektro, dan teknik mesin. Ke depan akan dilibatkan juga Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta teknik fisika untuk mengembangkan batere.

"Seluruhnya kita sudah punya 12 tipe. Ada sedan, minibus, dan itu bisa diatur atau dicopot-copot bodynya. Kalau mengenai harga sebetulnya tidak terlalu mahal. Satu mobil sekitar Rp 80-150 juta, tergantung tipenya," ucapnya.
 
Design by Dewa Y | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Gudang Virtual