Struktur Mobil Listrik

Konsep Mobil Listrik Pertama kali di Dunia
Mobil listrik pertama kali ditemukan oleh Robert Aderson, cedekiawan asal Aberdeen, Skotlandia tahun 1830 silam. Tapi pada tahun 1839 mobil bertenaga listrik ini baru di publikasikan dimuka umum. Pada tahun 1886, salah satu industri di Inggris memproduksi mobil listrik ini dan digunakan pada mesin taxi dengan mengunakan teknologi baterai 28 cell untuk mensuplay motor penggeraknya.

Tahun 1897, Walter Bersey mendesign kendaraan listrik yang kemudian diproduksi oleh perusahaan London Electric Cab Company dengan menggunakan baterai 40 cell sebagai energi storage, untuk menghasilkan 3 kali tenaga kuda dengan kemampuan jarak tempuh sejauh 80,5 km sebelum diisi ulang.

Dan tahun 1897, Pope Manufacturing Company di Hartford Connecticut, Amerika memulai memproduksi secara masal 500 unit mobil listrik diproduksi selama dua tahun. Tahun 1898, Dr. Ferdinand Porsche dari Jerman yang saat itu berusia 23 tahun, membuat mobil pertamanya dengan nama Lohner Electric Chaise yang menjadi mobil pertama berpenggerak reoda depan. Kemudian Porsche mulai menggunakan teknologi hybrid yang menggunakan mesin baker untuk menggerakkan generator yang akan menghasilkan tenaga untuk memutar roda lewat motor listriknya.

Pada pengembangan selanjutnya, tahun 1900 1.575 mobil listrik diproduksi. Mobil yang memiliki 3.5 tenaga kuda “Voiturette” ini menggunakan motor listrik di bawah tempat duduk dengan baterai yang bias diisi ulang. Pieper mematenkan penemuannya ini pada sebuah perusahaan Belgia Auto-Mixte, yang pada perkembangan selanjutnya membuat kendaraan komersial antara tahun 1906-1912.

Akhirnya tahun 1904 Electric Vehicle Company membuat 2.000 unit mobil taxi, truk dan bus. Perusahaan kecil lainnya membangun 57 pabrik kendaraan dengan kapasitas produksi 4.000 unit.

Mobil listrik adalah transpor yang baik serta ramah lingkungan. Tetapi nilai penghematannya haruslah jelas, karena harga jualnya bisa lebih mahal daripada kendaraan biasa. Nissan saja sebagai salah satu produsen mobil terbesar di dunia memperkirakan biaya operasi kendaraannya adalah sama dengan $1.10 per galon bahan bakar minyak.
Struktur mesin pada Mobil Listrik
Sebagian orang skeptis mengatakan bisnis stasiun pengisian listrik tidak akan prospek karena pengemudi pasti akan mengisi penuh baterainya di rumah, kecuali jika melakukan perjalanan jauh, dan mereka pasti tidak akan mau membayar harga tinggi untuk listrik.

Sederhana saja, kalo kita dahulu atau mungkin sampai sekarang masih bermain dengan mobil-mobilan Mini 4WD Tamiya yang dahulu dipopulerkan oleh Film Kartun Yankuro, maka mobil listrik sejatinya mirip dengan Tamiya yang berukuran besar dan lebih kompleks di masalah kemudi dan kendalinya. Seperti kita tahu Tamiya punya beberapa bagian penting. Untuk penggeraknya digunakan Motor Listrik (ato ada yang sering nyebut dinamo) dengan ‘bahan bakar’nya adalah 2 baterai kecil (1.2 – 1.5 volt) lalu sebagai kemudi karena tamiya berjalan di lintasan kusus maka digunakan roda kemudi di bagian kedua sisi kanan dan kiri baik di depan,tengah dan belakang.

Bagian vital Mobil Listrik
 Nah bagaimana dengan mobil listrik? Mirip, penggeraknya juga berupa motor listrik bahan bakarnya juga baterai namun dengan jenis dan kapasitas yang berbeda. Kemudian untuk masalah kemudi dan kendali kecepatan serta transmisi telah dan terus dikembangkan baik secara manual maupun otomatis oleh para pakar.

Toyota Blue Car Electric
Bagaimana kiprah indonesia di bidang ini, nah inilah yang kadang kita masih kurang informasi. LIPI sebagai pusat pengembangan teknologi di negara ini telah berhasil mengembangkan beberapa mobil listrik dan komponen-komponennya. Para pakar dan peneliti di kampus-kampus pun terus memutar otak untuk bisa memberikan andil dalam bidang ini. Namun sepertinya perhatian dari pemerintah masih kurang sehingga tak jarang hal – hal seperti ini sekedar menjadi temuan tak berarti yang menghiasi rak – rak perpustakaan kampus. Semoga hal ini ke depannya lebih diperhatikan pemerintah.
 
Design by Dewa Y | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Gudang Virtual